Seputar Informasi

Sumber informasi Pendidikan dan informatika

Pengertian Filsafat Pendidikan Islam

Filsafat pendidikan Islam terdiri dari beberapa unsur yaitu filsafat dan pendidikan Islam.
1) Filsafat
Filsafat berasal dari bahasa Yunani dan terdiri dari dua kata bahasa Yunani, yaitu “philos” dan “sophia”. Secara etimologis. Philos berarti cinta (loving dalam bahasa Inggris), sedang sophia berarti kebijaksanaan (wisdom dalam bahasa Inggris), atau kepahaman yang mendalam. Pengertian filsafat menurut bahasa aslinya adalah “cinta terhadap kebijaksanaan”. 
Dalam pengertian yang lebih luas menurut Harold Titus sebagaimana dikutip oleh Jalaluddin & Umar Said  mengemukakan lima pengertian mengenai falsafat. Mungkin dengan pengertian ini dimaksudkannya untuk menunjukkan betapa sulitnya untuk merangkum pengertian falsafat itu dalam sebuah definisi yang lengkap. Ia mengemukakan pengertian falsafat sebagai berikut:
1. Falsafat adalah sekumpulan sikap dan kepercayaan terhadap kehidupan dan alam yang biasanya diterima secara kritis.
2. Falsafat adalah suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yang sangat kita junjung tinggi.
3. Falsafat adalah usaha untuk mendapatkan gambaran keseluruhan.
4. Falsafat adalah analisa logis dari bahasan serta penjelasan tentang arti kata dan konsep.
5. Falsafat adalah sekumpulan problema-problema yang langsung mendapat perhatian dari manusia dan yang dicarikan jawabannya oleh ahli falsafat.
Dari pengertian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa filsafat merupakan suatu bentuk pemikiran yang sesuai dengan logika. Dengan berfilsafat seorang dapat berfikir sesuai dengan akal pikir manusia. 
2) Pendidikan Islam
Pendidikan Islam merupakan ilmu pendidikan yang berdasarkan Islam, berdasarkan nilai – nilai Islami yang terdapat dalam al-Qur’an dan as-Sunnah . Sedangkan menurut Sama’un Bakkry  Pendidikan Islam adalah pendidikan yang berusaha mentransformasikan pengetahuan dan nilai – nilai ajaran Islam dari satu generasi ke generasi berikutnya. Pendidikan dalam pengertian ini dapat dilangsungkan melalui lembaga – lembaga pendidikan Islam, lembaga pendidikan lainnya yang bercita – cita menempatkan nilai Islam tertransfomasi kepada masyarakat atau lembaga pendidikan umum lainnya.
Menurut H.M Arifin  Hakikat Pendidikan Islam adalah Usaha orang dewasa muslim yang bertakwa secara sadar mengarahkan dan membimbing pertumbuhan serta perkembangan fitrah ( kemampuan dasar ) anak didik melalui ajaran Islam ke arah titik maksimal pertumbuhan dan perkembangannya.
Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa pendidikan Islam adalah usaha orang dewasa muslim yang bertakwa secara sadar dan membimbing pertumbuhan serta perkembangan anak didik dengan cara memberikan atau mentransformasi ilmu pengetahuan yang terkait dengan ajaran – ajaran agama Islam ke arah yang maksimal pada pertumbuhan dan perkembangannya. Di dalam pendidikan Islam ini berarti suatu proses transformasi ilmu pengetahuan yang berdasarkan Islam yang dilakukan oleh seorang guru yang profesional dengan disiplin ilmu sesuai dengan tujuan ajaran Islam yaitu manusia dewasa yang muslim, muhsin dan muttaqien
Menurut Abudin Nata  Ilmu pendidikan Islam berarti Ilmu yang membahas berbagai teori, konsep dan desain tentang berbagai aspek atau komponen pendidikan : visi, misi, tujuan, kurikulum proses belajar mengajar dan sebagainya yang didasarkan pada nilai – nilai ajaran Islam sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an dan al-Sunnah.
Ilmu  pendidikan Islam berlandaskan al-Qur’an dan al-Sunnah,  Oleh karena itu pendidikan Islam harus diproyeksikan untuk mengemban nilai – nilai intelektual, nilai moral, nilai – nilai spiritual, nilai – nilai profesional, memiliki pluralisme sumber dan orientasi dan untuk membantu pembinaan anak didik pada ketakwaan dan berakhlak karimah yang dijabarkan dalam pembinaan enam aspek keimanan, lima aspek keislaman dan Multi aspek keihsanan.
Dari beberapa penjelasan di atas dapat kita lihat bahwa filsafat pendidikan Islam merupakan studi tentang pandangan filosofis dari sistem dan aliran dalam Islam, terhadap masalah-masalah kependidikan dan bagaimana pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan perkembangan muslim dan umat Islam.