Seputar Informasi

Sumber informasi Pendidikan dan informatika

Analisis SWOT sebagai Analisis strategik

Analisis SWOT adalah suatu cara untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis. Analisis ini didasarkan pada logika dapat memaksimalkan kekuatan ( strength) dan peluang ( opportunities ). Namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan ( weaknesses ) dan ancaman ( threats ). Analisis SWOT mempertimbangkan faktor lingkungan internal strength dan weaknesses serta lingkungan eksternal opurtunities dan threats yang dihadapi dunia bisnis. 
Dalam analisis SWOT ini ada dua faktor yang sangat mempengaruhi maju mundurnya dalam sebuah lembaga pendidikan, yaitu faktor dominan dan faktor penghambat. Yang termasuk faktor internal adalah (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (ancaman dan tantangan). Analisis SWOT merupakan instrumen yang ampuh dalam upayapengembangan lembaga pendidikan. Dengan menggunakan analisis SWOTsuatu lembaga pendidikan dapat mengkaji faktor-faktor yang dapat mempengaruhikinerja lembaga pendidikan tersebut.

Kekuatan
Kekuatan merupakan sumber daya atau kapabilitas yang dikendalikan oleh atau tersedia bagi suatu perusahaan yang membuat perusahaan relatif lebih unggul dibandingkan pesaingnya dalam memenuhi kebutuhan pelanggan yang dilayaninya. Kekuatan muncul dari sumber daya dan kompetensi yang tersedia bagi perusahaan.
Kelemahan
Kelemahan merupakan keterbatasan atau kekurangan dalam satu atau lebih sumber daya atau kapabilitas suatu perusahaan relatif terhadap pesaingnya yang menjadi hambatan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan secara efektif. kapasitas keuangan yang terbatas merupakan kelemahan yang dimiliki oleh Southwest Airlines, yang memilih strategi mengembangkan rute khusus guna membangun catatan laba terbaik dalam industri penerbangan yang telah dideregulasi.
Peluang
Merupakan situasi utama yang menguntungkan pada lingkungan suatu perusahaan. Tren utama merupakan salah satu sumber peluang. Identifikasi atas segmen pasar yang sebelumnya terlewatkan, perubahan dalam kondisi persaingan atau regulasi, perubahan teknologi dan membaiknya hubungan dengan pembeli atau pemasok dapat menjadi peluang bagi perusahaan.
Ancaman
Ancaman merupakan situasi utama yang tidak menguntungkan dalam lingkungan suatu perusahaan. Ancaman merupakan penghalang utama bagi perusahaan dalam mencapai posisi saat ini atau yang diinginkan. Masukan pesaing baru, pertumbuhan pasar yang lamban, meningkatkan kekuatan tawar-menawar dari pembeli atau pemasok utama, perubahan teknologi, dan direvisinya atau pembaruan peraturan dapat menjadi dapat menjadi penghalang bagi keberhasilan suatu perusahaan. 
Hal yang terpenting dalam analisis SWOT ini adalah bagaimana sebuah organisasi mengetahui kelemahan dan kekuatan organisasi karena kelemahan dan kekuatan merupakan suatu permasalahan yang sangat berpengaruh dalam lembaga pendidikan. Kelemahan merupakan sebuah hal yang harus dicermati bagi seorang pemimpin, seorang pemimpin juga harus bisa menjadikan kelemahan ini sebagai peluang untuk memberdayakan organisasi. Begitu juga dengan sebuah ancaman bagi organisasi bagaimana sebuah organisasi bisa menjadikan ancaman ini menjadi sebuah kekuatan