Seputar Informasi

Sumber informasi Pendidikan dan informatika

Tujuan Pendidikan Islam

Berdasarkan pada definisi dan dasar pendidikan di atas maka secara umum dapatlah dikatakan bahwa tujuan pendidikan Islam adalah pembentukan kepribadian muslim . Pribadi yang demikian adalah pribadi yang menggambarkan terwujudnya keseluruhan esensi manusia secara kodrati, yaitu sebagai makhluk individual, makhluk sosial, makhluk bermoral dan makhluk yang bertuhan. Citra pribadi muslim seperti ini sering disebut sebagai manusia paripurna ( insan kamil ) atau pribadi yang utuh, sempurna seimbang dan selaras .
Manusia sempurna berarti manusia yang memahami tentang Tuhan. Dalam hal ini, Zakiyah Daradjat mengemukakan Tujuan pendidikan Islam adalah membimbing dan membentuk manusia menjadi hamba Allah yang saleh, teguh imannya, taat beribadah dan berakhlak terpuji. Bahkan keseluruhan gerak dalam kehidupan setiap muslim, mulai dari perbuatan, perkataan dan tindakan apapun yang dilakukannya dengan nilai mencari rida Allah, memenuhi segala perintah-NYA dan menjauhi segala larangan-Nya adalah ibadah. Maka untuk melaksanakan semua tugas kehidupan itu, baik bersifat pribadi maupun sosial. Perlu dipelajari dan dituntun dengan iman dan akhlak terpuji. Dengan demikian identitas muslim akan tampak dalam semua aspek kehidupannya. 
Dari penjelasan singkat di atas dapat kita lihat bahwa tujuan pendidikan Islam yang sebenarnya adalah membentuk jiwa seseorang yang berakhlak mulia, taat dan patuh pada yang kuasa dan sebagai manusia seutuhnya. Selain itu juga menjadikan manusia yaitu sebagai makhluk individual, makhluk sosial, makhluk bermoral dan makhluk yang bertuhan. Dengan tujuan pendidikan Islam ini di harapkan dapat menumbuh kembangkan asas – asas Islami.