Seputar Informasi

Sumber informasi Pendidikan dan informatika

Analisis Strategik

Analisis adalah kata benda yang berarti proses pencarian jalan keluar (pemecahan masalah) yang berangkat dari dugaan kebenarannya; penyelidikan terhadap suatu peristiwa untuk mengetahui keadaan yangsebenarnya; penyelidikan kimia dengan menguraikan sesuatu untuk mengetahui zat-zat yang menjadi bagiannya; penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antar bagian untuk mendapatkan pengertian yang tepat dan pemahaman makna keseluruhan 
Menurut beberapa ahli sebagaimana di kutip oleh Husein Umar strategi mempunyai pengertian sebagai berikut.
1. Menurut Stephanie K. Marrus, strategi didefinisikan sebagai suatu proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai.
2. Menurut Hamel dan Prahalad, strategi merupakan tindakan yang bersifat incremental ( senantiasa meningkat ) dan terus menerus, serta berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa depan. Dengan demikian, strategi hampir selalu dimulai dari apa yang dapat terjadi dan bukan dimulai dari apa yang terjadi. 
Beberapa penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa strategi merupakan suatu proses penentuan rencana para pemimpin yang berfokus pada tujuan jangka panjang disertai menyusun cara atau upaya bagaimana agar suatu tujuan dapat tercapai dan tujuan tersebut adalah berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa depan.
Berarti analisis strategi merupakan suatu proses pemecahan masalah yang berangkat dari dugaan kebenarannya sebagai dasar penyusunan rencana agar suatu tujuan organisasi dapat tercapai.
Pencapaian tujuan organisasi diperlukan alat yang berperan sebagai ekselerator dan dinamisator sehingga tujuan dapat tercapai secara efektif dan efisien. Demikian halnya dalam lembaga / organisasi yang merupakan sekumpulan manusia yang mempunyai tujuan untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara, sejalan dengan hal tersebut diyakini sebagai salah satu alat untuk mencapai tersebut adalah menggunakan konsep manajemen  strategik, sehingga apa yang menjadi tujuan pendidikan nasional tercapai dengan baik sesuai dengan harapan, maka perlu pengelolaan yang cukup profesional dan komitmen yang tinggi

Bersambung ke artikel  Langkah menentukan Analisi strategik