Seputar Informasi

Sumber informasi Pendidikan dan informatika

Pengertian Perencanaan dan Strategik

Secara bahasa strategi berarti yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus.  Sedangkan perencanaan merupakan suatu rangkaian proses kegiatan menyiapkan keputusan mengenai apa saja yang diharapakan terjadi ( peristiwa, keadaan, suasana, dan sebagainya ) dan apa saja yang akan dilakukan ( intensifikasi, eksistensifikasi, revisi, renovasi, substitusi, kreasi dan sebagaianya ). Rangkaian tersebut dapat terwujud menjadi kenyataan di masa yang akan datang yaitu dalam jangka waktu tertentu ( 1, 3, 5, 10 dst ) yang akan datang. 
Menurut BintoroC yang dikutip oleh Husaini Usman, perencanaan ialah proses mempersiapkan kegiatan-kegiatan secara sistematis yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. PrajudiAtmosudirjo mendefinisikan perencanaan adalah perhitungan dan penentuan tentang sesuatu yang akan dijalankan dalam rangka mencapai tujuan tertentu, siapa yang melakukan, bilamana, di mana, dan bagaimana cara melakukannya. 
Menurut Mochtar Effendy perencanaan adalah tindakan yang akan dilakukan untuk mendapatkan hasil yang ditentukan dalam jangka ruang dan waktu tertentu. Dengan demikian menurutnya perencanaan merupakan suatu proses pemikiran, baik secara garis besar maupun mendetail dari suatu kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan untuk mencapai kepastian yang paling baik dan ekonomis. Atau juga bisa dikatakan bahwa perencanaan itu adalah suatu antisipasi dari sesuatu yang akan terjadi, karena harus merupakan proses yang sebaik-baiknya. 
Dari pengertian – pengertian di atas maka dapat disimpulkan bahwa perencanaan merupakan suatu langkah awal untuk membentuk suatu pemikiran yang matang sebelum melakukan kegiatan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Dalam perencanaan juga akan memproses pembagian tugas, langkah yang akan di lakukan, dan menentukan serta mempersiapkan kebutuhan – kebutuhan suatu kegiatan yang akan dilakukan secara cermat dan teliti.
Perencanaan strategik adalah proses persiapan langkah awal untuk membentuk pemikiran yang matang dalam menentukan serta mempersiapkan kebutuhan – kebutuhan kegiatan yang akan dilakukan secara cermat dan teliti agar tepat sasaran atau tujuan yang diharapkan sehingga dalam kegiatan yang dilakukan berjalan dengan maksimal.