Seputar Informasi

Sumber informasi Pendidikan dan informatika

Tujuan Perencanaan

Masa Yang akan datang tik dapat dideskripsikan secara pasti, namun demikian kita perlu mengestimasi kemungkinan yang akan terjadi di masa depan dengan membaca kecenderungannya di masa kini. Perencanaan yang terumus dengan baik dengan mempertimbangkan apa yang sudah dicapai, membaca apa yang sedang terjadi dan memproyeksikan kecenderungan yang terjadi di masa depan memungkinkan perencanaan tersebut menjadi alat perubahan yang memiliki tingkat kepastian tinggi dengan resik yang minimal. 
Tujuan perencanaan menurut tim penyusun penjamin mutu pendidikan yang sebagaimana dikutip oleh Engkoswara adalah sebagai berikut: 
1. Menjamin agar perubahan atau tujuan pendidikan yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan tingkat kepastian yang tinggi dan resiko yang kecil.
2. Mendukung koordinasi antar perilaku sekolah
3. Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinerjik baik antar pelaku sekolah, antar sekolah dan dinas pendidikan kabupaten / kota dan antar waktu menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan
4. Mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat.
5. Menjamin tercapainya penggunaan sumber daya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan. 
Sedangkan Saiful Sagala mengungkapkan perencanaan yang baik dilakukan untuk mencapai 
1. “ProtectiveBenefis” yaitu menjaga agar tujuan – tujuan, sumber dan tehnik/metode memiliki relevansi yang tinggi dengan tuntutan masa depan sehingga dapat mengurangi resiko keputusan
2. “PositiveBenefis” yaitu produktivitas dapat meningkat sejalan dengan dirumuskannya rencana yang komprehensif dan tepat. 
Dengan adanya perencanaan dalam sebuah kegiatan maka pelaksanaannya akan lebih mudah dan terarah serta memiliki tingkat kepastian tujuan kegiatan  yang tinggi dan resiko yang kecil karena dengan perencanaan dapat melihat kebutuhan – kebutuhan dan dampak negatif maupun positif dalam pelaksanaan. Selain itu dengan perencanaan, sebuah kegiatan akan lebih mengedepankan kerja sama antar pelaku.