Seputar Informasi

Sumber informasi Pendidikan dan informatika

Langkah langkah dalam merumuskan analisis strategik

Perumusan strategi merupakan pengembangan rencana jangka panjang untuk manajemen efektif dari kesempatan ancaman lingkungan, dilihat dari kekuatan dan kelemahan perusahaan. Untuk itu setiap organisasi hendaknya menetapkan suatu perencanaan strategi yang didasarkan oleh data dan informasi kuantitatif dan kualitatif yang akurat dari dalam dan luar organisasi. 
Perumusan stratejik dalam organisasi merupakan pedoman dan petunjuk yang harus dipahami dan diimplementasikan dalam berbagai kegiatan oleh seluruh personel organisasi. Oleh karena itu, perumusan stratejik hendaknya menggambarkan visi, misi tujuan dan langkah –langkah yang dijadikan dasar sebagai pedoman bagi seluruh personal organisasi dalam melaksanakan berbagai kegiatan.  Menurut Hunger dan Whelen sebagaimana dikutip oleh Murniati dan Nasir, perumusan strategi meliputi menentukan misi perusahaan, menetapkan tujuan – tujuan yang akan dicapai, pengembangan strategi dan penetapan pedoman kebijakan.
Misi Organisasi merupakan tujuan atau alasan mengapa organisasi hidup. Pernyataan misi yang disusun dengan baik mendefinisikan tujuan mendasar dan unik yang membedakan suatu perusahaan dengan perusahaan lain dan mengidentifikasikan jangkauan operasi perusahaan dalam produk yang ditawarkan dan pasar yang dilayani. Misi mengembangkan harapan pada karyawan dan mengkomunikasikan pandangan umum untuk pemegang saham utama dalam lingkungan kerja perusahaan. Misi memberitahukan siapa kita dan apa yang kita lakukan.
Tujuan adalah hasil akhir aktivitas perencanaan. Tujuan merumuskan apa yang akan diselesaikan dan kapan akan diselesaikan dan sebaiknya diukur jika memungkinkan. Pencapaian tujuan perusahaan merupakan hasil dari penyelesaian misi. Istilah sasaran (goal) sering rancu dengan istilah tujuan ( objective ). Sasaran adalah pernyataan terbuka yang berisi suatu harapan yang akan diselesaikan tanpa perhitungan apa yang akan dicapai dan tidak ada penyelesaian waktu penyelesaian.
Strategi perusahaan merupakan rumusan perencanaan komprehensif tentang bagaimana perusahaan akan mencapai misi dan tujuan. Strategi akan memaksimalkan keunggulan kompetitif dan meminimalkan keterbatasan bersaing.
Kebijakan menyediakan pedoman luas untuk pengambilan keputusan organisasi secara keseluruhan. Kebijakan juga merupakan pedoman luas yang menghubungkan perumusan strategi dan implementasi. Kebijakan perusahaan merupakan pedoman luas untuk deviasi guna mengikuti strategi perusahaan. Kebijakan – kebijakan tersebut diinterpretasi dan diimplementasi melalui strategi dan tujuan visi masing-masing. Deviasi – deviasi kemudian akan mengembangkan kebijakan sendiri yang akan menjadi pedoman bagi wilayah fungsionalnya untuk diikuti. 
Dengan demikian pentingnya perumusan dalam strategi dapat memberikan suatu gambaran apa yang harus dikerjakan dan apa yang akan diselesaikan. Sehingga sasaran suatu organisasi akan tercapai serta tepat sasaran. Sebuah perumusan juga dapat memberikan suatu gambaran analisis tentang organisasi baik itu analisis internal maupun analisis eksternal sehingga tujuan akan berjalan sesuai keinginan. Dengan perumusan strategi maka kebutuhan – kebutuhan dalam organisasi akan terlihat.