Seputar Informasi

Sumber informasi Pendidikan dan informatika

Sumber belajar dan komponen pembelajaran

AECT menguraikan bahwa sumber belajar meliputi: pesan, orang, bahan, alat, teknik dan lingkungan. Komponen-komponen sumber belajar yang digunakan di dalam kegiatan belajar mengajar dapat dibedakan dengan dengan cara yaitu dilihat dari keberadaan sumber belajar yang direncanakan dan dimanfaatkan.
Sumber belajar adalah bahan termasuk juga alat permainan untuk memberikan informasi maupun berbagai keterampilan kepada murid maupun guru (Sudono, 2000:7).
Sumber belajar dalam kawasan TP dan Komponen sistem instruksional dalam TPB
TP TPB
Sumber belajar Komponen Sistem instruksional
a. Orang
b. Pesan
c. Bahan
d. Tehnik
e. Alat
f. latar a. Orang
b. Pesan
c. Bahan
d. Tehnik
e. Alat
f. latar
1) Pesan, adalah pelajaran/informasi yang diteruskan oleh komponen lain dalam bentuk ide, fakta, arti, dan data.
2) Orang, mengandung pengertian manusia yang bertindak sebagai penyimpan, pengolah, dan penyaji pesan. Tidak termasuk mereka yang menjalankan funsgi pengembangan dan pengelolaan sumber belajar.
3) 3. Bahan, merupakan sesuatu (bisa pula disebut program atau software) yang mengandung pesan untuk disajikan melalui penggunaan alat ataupun oleh dirinya sendiri.
4) Alat, adalah sesuatu (biasa pula disebut hardware) yang digunakan untuk menyampaikan pesan yang tersimpan di dalam bahan.
5) Teknik, berhubungan dengan prosedur rutin atau acuan yang disiapkan untuk menggunakan bahan, peralatan, orang, dan lingkungan untuk menyampaikan pesan.
6) Latar, merupakan situasi sekitar di mana pesan diterima (Mudhoffir, 1992:1-2).
Sumber belajar merupakan salah satu komponen sistem instruksional
http://wawanjunaidi.blogdetik.com/