Seputar Informasi

Sumber informasi Pendidikan dan informatika

DASAR PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN


Berdasarkan analisis dari perkuliahan dapat dianalisis bahwa seperti telah dikatakan bahwa media pada dasarnya adalah "bahasanya guru". Artinya dalam proses penyampaian pesan pembelajaran, guru harus pandai memilih "bahasa apa" yang paling mudah dimengerti dan dipahami siswanya. Apakah pesan akan disampaikan melalui bahasa verbal, visual atau nonverbal.
Untuk dasar pemilihan media pembelajaran ini dapat dipertimbangkan hal-hal sebagai berikut: pertama, sebelum memilih media instruksional guru harus menyadari bahwa tidak ada satu mediapun yang paling baik untuk semua tujuan. Kedua, pemilihan media hendaknya dilakukan secara obyektif. Ketiga, pemilihan media hendaknya mempertimbangkan syarat-syarat, yaitu:
(1) Sesuai dengan tujuan instruksional yang akan dicapai, (2) sesuai dengan anak yang belajar, maksudnya penggunaan media sesuai dengan karakteristik siswa (3) ketersediaan bahan media yang akan digunakan, (4) biaya pengadaan, maksudnya seimbang dengan manfaat serta hasil pengunaannya, (5) kualitas/mutu teknik.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa menggunakan pedoman tersebut guru akan terhindar dari kecerobohan dalam pemilihan media. Berdasarkan pemilihan media instruksional tersebut, juga memperjalas pengertian bahwa efektivitas tercapainya tujuan instruksional tidak tergantung pada modern atau mahalnya harga media yang digunakan.



Referensi:
Munadi, Yadhi. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) press.
Rohmat. 2000. Pengantar Media Pembelajaran. Surakarta: STAIN.