Seputar Informasi

Sumber informasi Pendidikan dan informatika

Analisis Klasifikasi Dan Karakteristik Media Pembelajaran


Media pembelajaran diklasifikasikan menjadi empat macam, yaitu pertama berdasakan bentuk dan ciri fisik yang meliputi media tanpa proyeksi dua dimensi ( lukisan, poster), media tanpa proyeksi tiga dimensi ( balok-balok pada pelajaran matematika ), media proyeksi diam ( gambar, peta ), media proyeksi gerak ( film). Kedua berdasarkan tingkat pengalaman yang diperoleh, dalam hal ini Edgar Dale menjelaskannya dengan yang disebut dengan  The Cone of Experience atau kerucut pengalaman yang meliputi direct purposeful experiences, contrieved experiences, dramatic perticipatiaon, demonstrasion, field trips, exhibit, motion pictures, stil pictures, radio recording, visual symbols, verbal symbols. Ketiga berdasarkan alat indra yang digunakan, hal ini meliputi media dengar ( audio ), media pandang ( visual ), media pandang dan dengar ( audio visual ). Keempat adalah berdasarkan banyak peserta didik, ada dua jenis yaitu,   media pendidikan individual ( misalnya alat-alat di laboratoriun IPA, bahasa, maupun IPS ), dan media pendidikan kelompok ( misalnya film, televisi, dan radio ).
Karakteristik media pembelajaran masing – masing memiliki perbedaan antara satu media dengan media yang lainnya. Karakteristik media dapat dilihat dari kemampuan membangkitkan rangsangan indera penglihatan, pendengaran, peraba, maupun penciumannya.
Memahami karakteristik dari media pembelajaran merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki guru dalam memilih media pembelajaran yang akan digunakan pada saat proses pembelajaran. Dengan memahami karakteristik dari media pembelajaran akan dipilih, maka dalam penggunaannya dalam proses belajar mengajarpun dapat berjalan dengan lancar dan  dapat mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Sumber :          Drs. Rohmad, M.Pd,Pengantar Media Pembelajaran,2000,Surakarta



 
Usman, M. Basyarudin-Asnawir, Media Pembelajaran, Ciputat Pers, Jakarta Selatan