Seputar Informasi

Sumber informasi Pendidikan dan informatika

POLA PEMBELAJARAN

Perkembangan ilmu pengetahuan mempengaruhi pola pembelajaran. Timbulnya berbagai pola tersebut berkecenderungan membakukan input dalam sistem pembelajaran. Ada beberapa pola pengajaran yang telah teridentifikasi menurut Morris:
1. Pola pembelajaran tradisional;
Pola pengajaran dalam bentuk tatap muka antara pengajar dan pembelajaran dimana mengajar merupakan satu-satunya sumber belajar
2. Pola pembelajaran yang dibantu media
Pada pengajaran lain seperti, pengajar dengan alat bantu audiovisual untuk membantu kegiatan pembelajaran. Pola pengajaran tetap memandang pengajar sebagai komponen sistem instruksional yang utama, dengan sumber belajar lain (seperti, bahan pelajaran, perangkat keras, teknik, latar kegiatan belajar) yang dipergunakan sebagai tambahan, misalkan dengan menggunakan OHP.
3. Pola pembelajaran yang memanfaatkan media
Pola pengajaran dengan pemanfaatan sistem instruksional yang lengkap, meliputi pembelajaran bermedia dimana pengajar terlibat dalam merancang, menilai, menyeleksi, dan berperan aktif dalam fungsi pemanfaatam hal-hal yang belum tercakup dalam sistem instruksional. Sistem instruksional yang telah dirancang sebelumnya terdiri dari komponen sistem instruksional yang bukan manusia (bahan, alat, teknik, latar dan pesan)
4. Pola pembelajaran bermedia
Pada pengajaran dimana pengajar tidak berperan langsung, akan tetapi pendekatan media saja, yakni pembelajaran media. Dengan demikian, kehadiran pengajar kelas dapat digantikan oleh media.
Dari keempat pola pengajaran tersebut di atas, satu sama lain terdapat kelemahan. Setiap pola pengajaran tertentu hanya cocok untuk materi dan kondisi tertentu. Dan belum ditemukan pola pengajaran yang terbaik dalam pembelajatan akan tetapi pola pengajaran tertentu baik untuk pengajaran tertentu pula. Pola-pola tersebut saling melengkapi dan disesuaikan dengan kondisi/karakteristik pembelajar, serta kegiatan pengajaran merupakan komponen yang terpadu.

Rohmat. Terapan Teoritik Teknologi Pembelajaran. Pasca Sarjana sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Surakarta. 2009