Seputar Informasi

Sumber informasi Pendidikan dan informatika

Kedudukan Media Pembelajaran


Dari pembahasan di pertemuan keempat tanggal 30 September 2009 pada mata kuliah Media Pembelajaran PAI, dengan pokok bahasan
Kedudukan Media Pembelajaran, Analisanya sebagai berikut:
Kedudukan media pembelajaran dapat dilihat dari dua hal :
1.      Media pembelajaran sebagai suatu system pembelajaran
Pembelajaran adalah suatu system yang mempunyai komponen – komponen seperti bahan pelajaran, kegiatan belajar mengajar, sumber dan media, serta evaluasi. Dan kedudukan media sama pentingnya dengan dengan komponen yang lain yang mendukung terbentuknya tujuan pembelajaran. Karena metode yang digunakan dalam proses pembelajaran biasanya akan menuntut media apa yang dapat diintegrasikan dan diadaptasikan dengan kondisi yang dihadapi.
Ada 10 komponen system pembelajaran yang dikemukakan ole S. Gerlach dan P. Ely, antara lain :Perumusan tujuan pembelajaran yang jelas, Memilih atau menentukan bahan pelajaran yang akan diajarkan, Mengidentifikasi kemampuan apa yang dimiliki para siswa sebelum melaksanakan kegiatan belajar yang direncanakan, Menentukan strategi pangajaran yang akan ditempuh, Pengorganisasian siswa atau mengatur siswa dalam kegiatan belajar mengajar yang akan ditempuh, Menentukan waktu yang akan digunakan, Menentukan ruangan yang akan dipakai, Menentukan sumber dan media yang akan dipakai, Penilaian penampilan guru dan siswa, Umpan balik
2.      Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar
Untuk melihat atau mengetahui fungsi media dalam proses pembelajaran dapat dilihat dari keistimewaan atau kemampuan dan hambatan apa apa saja yang ada dalam proses belajar mengajar.
Ada 3 kemampuan atau keistimewaan media menurut S. Gerlach dan P. Ely, yaitu kemampuan fiksatif, kemampuan manipulatif, dan kemapuan deskriptif. Adapun hambatan dalam proses belajar mengajar adalah verbalisme, salah tafsir, perhatian anak tidak terpusat, tidak ada bekas tanggapan, dan keadaan lingkungan yang mengganggu.

Sumber :
Drs. Rohmat, M. Pd, 2000, Pengantar Media Pembelajaran



 
     http//:Ipmpjogja.diknas.go.id/materi/fsp/2009