Dari pembahasan di pertemuan keempat tanggal 30 September 2009 pada mata
kuliah Media Pembelajaran PAI, dengan pokok bahasan
Kedudukan
Media Pembelajaran, Analisanya
sebagai berikut:
Kedudukan media
pembelajaran dapat dilihat dari dua hal :
1.
Media pembelajaran sebagai suatu system
pembelajaran
Pembelajaran adalah suatu system yang mempunyai komponen – komponen seperti
bahan pelajaran, kegiatan belajar mengajar, sumber dan media, serta evaluasi.
Dan kedudukan media sama pentingnya dengan dengan komponen yang lain yang
mendukung terbentuknya tujuan pembelajaran. Karena metode yang digunakan dalam
proses pembelajaran biasanya akan menuntut media apa yang dapat diintegrasikan
dan diadaptasikan dengan kondisi yang dihadapi.
Ada 10 komponen system pembelajaran yang dikemukakan ole S. Gerlach dan P.
Ely, antara lain :Perumusan tujuan pembelajaran yang jelas, Memilih atau
menentukan bahan pelajaran yang akan diajarkan, Mengidentifikasi kemampuan apa
yang dimiliki para siswa sebelum melaksanakan kegiatan belajar yang
direncanakan, Menentukan strategi pangajaran yang akan ditempuh, Pengorganisasian
siswa atau mengatur siswa dalam kegiatan belajar mengajar yang akan ditempuh, Menentukan
waktu yang akan digunakan, Menentukan ruangan yang akan dipakai, Menentukan sumber
dan media yang akan dipakai, Penilaian penampilan guru dan siswa, Umpan balik
2.
Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar
Untuk melihat atau mengetahui fungsi media dalam proses pembelajaran dapat
dilihat dari keistimewaan atau kemampuan dan hambatan apa apa saja yang ada
dalam proses belajar mengajar.
Ada 3 kemampuan atau keistimewaan media menurut S. Gerlach dan P. Ely,
yaitu kemampuan fiksatif, kemampuan manipulatif, dan kemapuan deskriptif.
Adapun hambatan dalam proses belajar mengajar adalah verbalisme, salah tafsir,
perhatian anak tidak terpusat, tidak ada bekas tanggapan, dan keadaan
lingkungan yang mengganggu.
Sumber :
Drs. Rohmat, M.
Pd, 2000, Pengantar Media Pembelajaran
|
Social Media