Seputar Informasi

Sumber informasi Pendidikan dan informatika

PRINSIP-PRINSIP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN

Berdasarkan analisis dari perkuliahan dapat dianalisis bahwa slalah satu ciri media pembelajaran adalah bahwa media mengandung dan membawa paesna atau informasi kepada penerima yaitu siswa. Sebagian media dapat mengolah pesan dan respons siswa sehingga media itu sering disebut media interaktif. Pesan dan informasi yang dibawa oleh media bisa berupa pesan yang sederhana dan bisa pula pesan yang amat kompleks.
Akan tetapi, yang terpenting adalah media itu disiapkan untuk memenuhi kebutuhan belajar dan kemampuan siswa, serta siswa dapat aktif berpartisipasi dalam proses belajar megnajar. Oleh karena itu, dirancang dan dikembangkan lingkungan pembelajaran yang interaktif yang dapat menjawab dan memenuhi kebutuhan beljar perorangan dengan menyiapkan kegiatan pebmelajarna dengan media yang efektif guna menjamin terjadinya pembelajaran.
Oleh karena itu agar kegiatan pembelajaran dengan media berjalan dengan efektif ada beberapa prinsip umum yang dapat diapaki sebagian pedoman media instruksional antara lain yaitu: (1) Penggunaan media bukan berarti mengurangi pentingnya peranan guru dikelas, (2) Tidak ada satu mediapun yang harus dipakai dengna meniadakan media yang lain,
(3) Setiap media tentu memiliki kelebihan dan kelemahan, (4) Dengan media apapun guru harus mengusahakan adanya partisipasi siswa dalam kegiatan belajar (CBSA), (5) Pada waktu akan menggunakan media instruksional harus benar-benar dipersiapkan, (6) Gunakan media sesuai dengan karakteristik serta petunjuk penggunaan masing-masing dari uraian diatas dapat disimpulkan dalam penggunaan media pembelajaran diperlukan prinsip-prinsip.

Referensi
Arsyad, Azhar. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada
Rohmat.2000. Pengantar Media Pembelajaran. Surakarta : STAIN